Jumat, 26 November 2010

Mengenal Exhaust Header

Mengenal Exhaust Header

Mobil bisa di ibaratkan seperti manusia, ada lubang pemasukan dan ada lubang pembuangan. Jika semakin banyak yang dimasukkan maka tenaga juga akan besar begitupun dengan pembuangan juga akan semakin banyak. Dalam dunia modifikasi mobil untuk mendapatkan tenaga yang besar dua lubang ini yang sering mendapatkan perhatian. Dengan melakukan pembesaran pada lubang intake dan exhoust maka tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan semakin besar pula.
Di mobil balap seperti mobil dragrace yang mengutamakan kecepatan biasanya melakukan perubahan pada saluran masuk dengan mengubah debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar. Dengan memperbesar debit bahan bakar yang masuk ke ruang bakar pembakaranpun akan terjadi lebih besar, yang akhirnya tenaga yang dihasilkan juga besar pula.
Ubahan tersebut diikuti dengan pembesaran saluran buang, modifikasi saluran buang dilakukan pada bagian knalpot nya. Bagian ini yang berfungsi sebagai saluran keluar bagi gas sisa pembakaran yang terjadi di mesin. Knalpot pada mobil terdiri dari header dan muffler.
Header merupakan bagian kepala knalpot yang menentukan kinerja dari knalpot itu sendiri. Ada beberapa jenis dari header yang biasa dipakai, header 4-1 dan header 4-2-1 menunjukkan aliran gas buang dari mesin yang mempunyai 4 silinder, setiapjenis mempunyai karakteristik tersendiri.
Maksud istilah header 4-2-1 adalah header dengan empat saluran masuk dari lubang exhaust kemudian digabung menjadi dua saluran dan yang terakhir digabung lagi menjadi satu saluran. Sedangkan untuk model konfigurasi 4-1 adalah header yang langsung menggabungkan keempat saluran masuk menjadi satu.
Setiap konfigurasi mempengaruhi karakteristik performa yang akan dihasilkan pada sebuah kendaraan. karakter dari header 4-2-1 bisa menghasilkan tenaga tarikan bawah yang lebih mantap. Sedangkan untuk karakter header 4-1 lebih bagus pada peningkatan top-speed alias pada tarikan atasnya. Tapi tetap saja faktor penentu akhir adalah karakter dari mesin itu sendiri karena akan sangat menentukan jenis header yang mau diaplikasikan, apalagi untuk mesin mobil yang sudah dimodifikasi.
Sedangkan muffler merupakan ujung dari knalpot yang berfungsi meredam suara yang keluar dari mesin. Berbagai kombinasi dan modifikasi dilakukan untuk mendapatkan efek suara yang diinginkan.

Sumber :
http://duniabengkel.com/mengenal-exhaust-header.asp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar