Kamis, 23 Desember 2010

Tips Merenovasi Rumah

Memilih Gaya Taman Minimalis
Ditulis Oleh : Administrator
renovasi-rumahTaman yang dapat menyelaraskan antara bangunan rumah dengan lingkungan sekitar adalah kreteria dari TAMAN yang baik. Hal ini juga mencakup Konsep rumah minimalis yang harus diimbangi oleh desain rumah serta taman minimalis sehingga dapat berkolaborasi secara harmonis dan alami.

Taman minimalis memadukan penerapan teknologi canggih dan sederhana dengan mengoptimalkan bahan-bahan alami, serta warna yang senada, juga kombinasi material keras seperti : (beton, kayu, kaca, baja, batu bata, batu kali, koral, kerikil, pasir, granit) dan lunak (pohon, semak, pengalas, rumput) dengan tepat sehingga menghasilkan keharmonisan dan keselarasan yang alami antara bangunan rumah dan taman dengan lingkungan sekitar.

Taman merupakan cerminan energi alam. Energi adalah sumber kehidupan. Maka, kehadiran taman (minimalis) dapat memberikan energi sumber kehidupan bagi penghuni rumah itu sendiri selain itu Taman minimalis tidak memerlukan pemeliharaan dan perawatan yang rumit. Karena semuanya serba praktis.

Taman minimalis karena mudah pemeliharaannya membuat konsep taman ini semakin digemari berbagai kalangan yang mendambakan kehadiran alam di rumahnya. Taman minimalis dapat dikembangkan secara keseluruhan atau sebagian sesuai dengan lahan taman yang tersedia. Taman dapat dibangun di halaman depan dan atau belakang rumah dan halaman samping, serta teras balkon depan, tengah atau samping juga belakang di rumah tingkat.

Sebagai perluasan ruang dan penyatuan rumah dengan alam, sebagian fungsi-fungsi ruang dalam rumah mulai ditarik keluar mendekati alam, seperti ruang tamu (formal) dan taman teras depan, ruang keluarga dan ruang makan dengan taman samping atau taman teras belakang, kamar mandi semi terbuka di taman samping. Taman belakang dapat dikembangkan menjadi tempat pesta keluarga yang cukup privasi.

Sebaliknya, alam juga dapat ditarik ke dalam ruang rumah, ruang tamu atau ruang keluarga dengan penempatan pot-pot tanaman segar, dilengkapi kolam ikan di taman samping, dinding-dinding kaca air di ruang keluarga dan dapur.

Untuk Tema taman minimalis dapat dikembangkan sesuai selera, seperti taman air (tanaman air dan kolam), taman tropis (tanaman berbunga/berdaun warna-warni), taman terapi, taman aromatik (tanaman beraroma khas), taman apotek hidup (tanaman berkhasiat obat), atau taman rempah (tanaman kebutuhan memasak). Pertimbangkan tanaman yang mudah pemeliharaan dan perawatannya, termasuk media tanam dan jenis pupuk alami atau buatan.

Taman minimalis umumnya di sertai dengan tema taman air dapat ditampilkan dengan dominasi tanaman air dan kolam air yang dibuat memberikan efek sebagai air mancur, air muncrat, atau air jatuh. Efek gemercik air secara teratur dapat menenangkan pikiran dan kejiwaan penghuni. Gemercik atau ketenangan air di kolam, kerindangan pohon, beralaskan rumput atau dominasi pasir kerikil, juga sorot sinar matahari yang menembus teduhnya pohon disertai sorot lampu taman yang ditata rapi dan artistik, menciptakan keheningan taman surgawi di rumah sebagai tempat refreshing di tengah-tengah penatnya kehidupan kota yang keras, gersang, dan unsur polusi yg kental.

Untuk itu kehadiran dari taman minimalis yang ringkas dan simple dengan sedikit ornamen dekoratif, dinamis di sertai unsur tanaman dan air, praktis, efisien dengan optimalisasi ruang terbatas, dan efektif dirasakan sangat tepat memberikan kenyamanan di rumah anda.
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=94
Tips Cara Membuat Rumah Terlihat Mewah dengan Harga Terjangkau
Ditulis Oleh : Administrator
renovasi-rumahBerikut ini adalah beberapa cara untuk membuat interior rumah Anda terlihat mahal dan fashionable, tetapi tidak menguras tabungan Anda.

Gunakanlah Minimal Satu Barang Mahal Pada Setiap Ruangan
Untuk dapat membuat sebuah ruangan terlihat high-fashion atau mewah, anda harus yakin, bahkan walaupun pada kenyataannya tidak. Cara melakukannya adalah lewat menggabungkan satu barang yang mahal dengan yang tidak, posisikan dengan baik di setiap ruang di rumah Anda.

Gunakanlah Warna Putih
Mengapa Putih ? … Putih memberikan kesan bersih, ringan dan ruang yang terbuka luas. Warna putih juga dapat dibeli dengan amat murah tapi tetap terkesan mahal.
Menggunakan benda berwana putih pada meja yang mahal adalah trik yang cerdas. Dimana meja akan menjadi pusat sorotan atau perhatian mata, dan yang lain hanya menjadi pengisi ruangan ruangnya.

Lihat Furniture yang Bisa di Daur Ulang
Untuk membawa fashion ke dalam rumah Anda, maka anda bisa melihat kemungkinan dipakainya kembali barang atau furniture lama yang ada di rumah.

Ganti warna Minimal Satu Tahun Sekali
Untuk Warna setiap tahun dunia design mengubah "warna" mereka. Cara yang baik untuk membuat rumah terlihat mewah dan mengikuti gaya adalah dengan menggunakan warna yang juga mengikuti gaya. Benda-benda seperti kain penutup, bantal, vas dll. Berapa-pun dana anda, anda dapat selalu menemukan benda dengan warna yang sedang menjadi trend pada saat tsb.
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=91

Cara Mengatasi Rembesan Pada Dinding Rumah
Ditulis Oleh : Administrator
renovasi-rumahKesal karena dinding rumah anda lembab karena rembesan air? Ikuti tip mengatasi kelembaban atau rembesan pada dinding ini secara lengkap.

Seringkali kita jumpai rumah yang diatur sedenikian hingga mulai dari halaman, teras sampai pada interiornya yang mencerminkan kemapanan, kerajinan penghuninya, dan sebagainya. Tapi tak jarang pula kemapanan, kerapihan serta kerajinan itu terusik manakala banyak timbul bercak bercak lembab yang mengandung molekul-molekul air pada dinding-dinding interiornya. Bilamana anda jumpai hal yang seperti ini, maka harus secepatnya ditanggulangi agar tidak terus menerus mengganggu pemandangan.

Untuk menanggulangi dinding rumah yang lembab atau mempunyai bercak air pada dinding interior, hal pertama yang harus kita lakukan adalah mengidentifikasikan lokasi bercak tersebut dan factor-faktor yang harus diperhatikan adalah :

* Apakah karena pipa air yang bocor.
* Permukaan air tanah yang naik
* Rembesan dari kamar mandi
* retak rambut
* adanya celah antara 2 dinding dengan tetangga
* penggunaan batualam sebagai pelapis dinding eksterior
* ataukah karena dinding luar yang belum diplester.

Setelah kita identifikasi akar penyebabnya maka baru kita pikirkan solusi terbaik untuk mengatasi bercak pada dinding rumah tersebut dan kalo bisa hilang selamanya. Dari identifikasi maka kita dapatkan metode penanggulangannya, yakni sebagai berikut :

Air permukaan tanah naik & Pipa Air Bocor

Biasanya bercak kelembaban teralokasi dibawah 1 meter pada dinding rumah, dan terjadi terus menerus sepanjang waktu tidak mengenal saat hujan atau tidak. Perlu anda ketahui bahwa air tanah masuk ke dinding interior melalui kapiler material semen. Penyebab utamanya adalah karena rendahnya kualitas material plesteran baik dinding luar maupun dalam.

Solusi : mengerok plesteran kurang lebih 1 meter dari permukaan, ganti dengan plesteran baru dengan komposisi pasir dan semen 3:1, baru kemudian dilakukan pengecatan sesuai dengan prosedur yang benar.
Adanya pipa air yang bocor, biasanya terindikasi kurang lebih 1 meter dari dinding dasar. Ini mudah terlihat bercak basahnya, lebih parah dari bewrcak basah lainnya. Solusi : ganti pipa yang bocor, lalu plester dengan komposisi material yang benar.

Retak rambut dinding Interior

Penyebab utamanya adalah karena pada dinding rumah anda terdapat unsur pembentuk plesteran yang tidak bersih dan banyak mangandung tanah atau material lainnya, air yang digunakan untuk mengaduk semen dari comberan, proses pengacian dilakukan saat belum waktunya, plesteran belum kering sempurna.

Solusi : retak-retak rambut diperbesar sedikit dan ditutup dengan plamir tembok, setelah mengering sempurna total baru difinishing.

Dinding luar belum diplester
Bila dinding rumah anda dibagian luar belum diplester maka seringkali anda jumpai dinding anda lembab. Air hujan masuk ke dalam material dinding melalui daya kapiler meresap melalui pori-pori material menembus ketebalan dinding berakhir pada dinding interior, berhenti dan membentuk pola air pada dinding.
Plesteran dinding luar dengan perbandingan material 1:3, tunggu kurang lebih 2 minggu memberi kesempatan plesteran kering total, kemudian diaci.

Air merembes dari celah dinding

Air merembes masuk dari celah dinding rumah kita yang berbatasan dengan tetangga mengakibatkan air masuk dari celah kedua dinding tersebut.
Solusi : tutup celah itu dengan plesteran kemudian lapisi dengan Pelapis Anti bocor .

Air merembes dari kamar mandi
Penyebabnya antara lain :

* sambungan pipa air rusak/putus
* kualitas material plesteran yang kurang baik.

Solusi : cukup mudah, yakni betulkan sambungan yang rusak/putus , kerok plesteran dan ganti dengan plesteran yang baik.

Semoga artikel ini berguna dan anda tidak mempunyai masalah lagi dengan dinding rumah.
(sumber : citraindahrumahku)
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=88
 
Tips Menata Desain Interior Rumah Minimalis
Ditulis Oleh : Administrator
renovasi-rumah1. Gunakan ornamen interior yang menggunakan bentuk geometris sederhana, tidak berlebihan, berbentuk garis-garis vertikal dan horisontal tanpa profil. Beberapa ornamen dari batu alam ekspos bisa diaplikasikan sebagai upaya mempercantik rumah minimalis Anda.

2. Pemilihan cat interior ruangan, sebaiknya menggunakan warna-warna cerah minimalis. Berilah aksen dengan menggunakan permainan dua warna yang sengaja “ditabrakkan” untuk menghapus kesan monoton.

3. Kusen pintu dan jendela, sebaiknya menggunakan kayu warna gelap tanpa profil. Akan lebih baik lagi jika memakai kusen alumunium karena lebih presisi.

4. Jika Anda menggunakan railing tangga dan teralis, pilihlah yang bermotif sederhana tanpa ornamen “berat” seperti motif bunga-bunga/suluran. Perpaduan garis-garis horisontal dan vertikal pada railing, adalah sebuah salah satu ciri interior rumah minimalis.

5. Pilihlah penutup jendela dengan tipe roller, basic blind baik vertikal atau horisontal.

6. Lampu penerangan bisa menggunakan model down light, lampu sembunyi, maupun lampu gantung berbentuk bulat, kotak, ataupun prisma.

7. Penggunaan furniture seperti meja dan kursi dipilih model yang simpel dan finishingnya memakai warna cokelat gelap dan dan aksen warna hitam. Pilihan meja bisa menggunakan meja berbahan kaca untuk menciptakan kesan ringan.

8. Jika Anda menggunakan karpet lantai, pilih karpet dengan warna solid tanpa motif.

9. Hindari kesan “penuh” pada ruangan dengan membatasi jumlah perabot secukupnya saja. Jika Anda menyukai lukisan, pilihlah lukisan dengan komposisi warna sederhana dengan frame kotak, tanpa profil apalagi ukiran.

10. Upayakan interior rumah minimalis Anda selalu dalam kondisi “bersih” dengan meletakkan barang-barang yang dirasa akan memenuhi perabot didalam laci atau lemari.

11.Akan lebih baik lagi jika diciptakan nuansa asri pada rumah minimalis Anda dengan membuat sebuah taman mungil dari kombinasi batu alam ekspos, tanaman kecil dan kolam aktif.
(sumber : sripoku)
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=87 

Tips Membangun Rumah Murah
Ditulis Oleh : Administrator
renovasi-rumahMembangun rumah ideal dengan biaya murah tampaknya sebuah impian bagi kebanyakan orang. Tetapi di mata arsitek sekaligus penulis buku “Mimpi rumah Indah”, Yu Sing, membangun rumah berbiaya minim bukanlah sesuatu yang mustahil.

Untuk mewujudkan sebuah rumah murah, Yu Sing memberi sejumlah panduan penting yang merupakan hasil pengalamannya dalam mendesain beberapa rumah murah, baik yang sudah terbangun,yang sedang dibangun, maupun yang masih dalam proses desain.

“Tentunya pengalaman mendesain rumah murah ini tidak dapat menjadi acuan akhir, tapi sebagai pemberi dorongan semangat bagi mereka yang ingin membangun rumah dengan biaya terbatas,” ungkapnya.

Setidaknya ada tiga hal penting menurut Yu Sing yang harus dipenuhi untuk mewujudkan rumah murah yakni penggunaan tenaga arsitek, perencanaan struktur rumah dan penggunaan material yang tepat.

Untuk hal pertama, Yu Sing mengakui masih banyak masyarakat yang terjebak pada anggapan keliru soal arsitek. Masyarakat menilai jasa arsitek itu selalu mahal sehingga pembangunan dirasa murah tanpa arsitek.

“Padahal itu tidaklah benar, memang arsitek masih terkesan eksklusif, tetapi ada juga yang tidak menetapkan tarif mahal,” ujar Yu Sing.

Ia menegaskan, tidak semua arsitek menetapkan tarif yang tinggi. Tak sedikit arsitek yang siap memberikan jasanya dengan tarif yang sesuai dengan kantong.

Dengan menggunakan jasa arsitek, lanjut Yu Sing, masayarakat dapat menghemat biaya karena arsitek bisa membantu dalam membuat struktur, ruangan, dan pemilihan material yang efisien dan efektif. Menggunakan jasa arsitek juga membantu Anda dalam membuat desain rumah yang baik.

rumah yang didesain dengan baik, dapat mempengaruhi hidup seseorang menjadi lebih positif dan berkualitas. Begitu juga dalam konteks sebaliknya. Kalau ruang-ruang hidup sehari-hari sumpek, sikap hidup juga dapat terpengaruh menjadi sumpek,” ujar Yu Sing.

Hal kedua yang harus dipenuhi adalah perencanaan struktur. Agak berbeda dengan desain rumah beranggaran dana longgar, desain rumah murah justru dimulai dengan desain sistem strukturnya terlebih dahulu, bukan dimulai dari desain arsitekturnya.

“Sistem struktur yang efisien sangat menentukan anggaran konstruksi rumah, karena biasanya biaya struktur rumah sekitar 40-50 persen dari biaya keselururuhan,” ungkap Yu Sing.

Salah contohnya adalah merencanakan struktur atap. Untuk bagian ini, penggunaan atap fiber semen (tanpa kandungan asbestos) misalnya akan jauh lebih murah bila dibandingkan dengan atap genteng, karena tidak diperlukan kaso dan reng.

Selain itu, kalau lebar rumah tidak lebih dari 400 cm, maka tidak diperlukan struktur kuda-kuda. Jarak antara lantai satu dengan dua sebenarnya cukup 250 cm jika memiliki bukaan dan ventilasi cukup untuk ukuran ruangnya. Hal ini bisa menghemat biaya dinding, struktur kolom, dan tangga.

Struktur lantai dua juga dapat menggunakan struktur rangka multipleks yang dapat dilapisi cor semen tipis dengan pelapis keramik. Struktur lantai ini akan lebih ringan dibandingkan lantai beton sehingga kolom dan balok penyangganya bisa jauh lebih kecil.

Poin terakhir yang tak kalah penting dalam menekan biaya pembangunan rumah adalah penggunaan material atau bahan bangunan dengan harga relatif murah. Cukup banyak material mendasar atau murah yang dapat dieksplorasi pemakaiannya atau cara pemasangannya untuk membentuk sensasi ruang yang menarik.

Misalnya bata merah saja dapat memiliki banyak sekali kemungkinan cara penyusunannya. Dapat dipasang seperti biasa, atau diberi jarak antara bata merahnya sehingga dindingnya berlubang-lubang, atau bata dipasang dengan variasi susunan satu bata dan setengah bata, dan lain-lain.

Contoh lain material murah adalah bambu. Biasanya bambu dipandang sebagai bahan sekunder, tapi saat ini sedang menjadi material yang digemari karena kekuatan seratnya yang dapat menggantikan baja tulangan. Dengan sistem pengawetan yang baik, bambu dapat menjadi material primer rumah yang mampu bertahan puluhan rumah. Selain itu, juga bisa memanfaatkan material bekas atau daur ulang seperti kusen atau daun pintu.
(sumber : kompas.com)
http://www.renovasi-rumah.com/hasil.php?module=detailberita&id=85
  
 
  

1 komentar:

  1. Aku suka gan dengan contoh gambar taman yang pertama,simple tapi terlihat asri banget.Sukses gan artikelnya...

    BalasHapus