Rabu, 08 Desember 2010

Tips Hindari Kulit Berminyak

Tips Hindari Kulit Berminyak
Kulit berminyak adalah kulit yang kelihatannya mengkilap seperti dilumuri minyak, kulit terasa licin ketika disentuh dan kulit cenderung banyak bintik hitam atau biasa disebut flek. Lalu kulit berjerawat pada wajah, pastilah itu tanda-tanda kulit berminyak.
Sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan mengontrol proses keluarnya minyak atau lemak yang keluar dari pori-pori wajah Anda. Tapi sisi positifnya, kulit berminyak dapat merawat kulit Anda secara perlahan-lahan, berbeda dengan jenis kulit lainnya, karena minyak alami yang keluar dari pori-pori kuliat dapat membantu Anda dari garis halus dan kerutan pada wajah.
Ada beberapa tips dari webMD agar kulit Anda tidak mengeluarkan minyak secara berlebihan :
1. Sangat penting bagi Anda untuk membersihkan wajah Anda dua kali sehari, pertama ketika pagi dan sebelum tidur. Selalu gunakan pembersih yang lembut (mild). Pembersih tersebut dapat mencegah keluarnya komedo dan mengurangi jerawat.
2. Gunakan pembersih yang menandung astringent untuk menghilangkan minyak berlebih. Hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol. Sangat disarankan kepada ANda untuk menggunkaan poduk yang alami. Produk dengan kadar alkohol akan menyisakan minyak pada kulit Anda.
3. Jika kulit Anda berjerawat, jangan sentuh dan jangan tekan jerawat di wajah Anda. Jerawat, apabila di tekan, akan emninggalkan bekas luka permanen yang sulit dihilangkan. Saat ini ada beberapa produk krim untuk jerawat tersedia di pasaran. Konsultasikan hal tersebut kepada dokter kulit Anda yang tau produk mana yang cocok untuk kulit Anda.
4.Jika memungkinkan, bersihkan wajah Anda di tempat profesional sebulan sekali.
5. Minumlah sedikitnya 8 gelas sehari. Karena air dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.
6. Hindari gorengan dan coklat
 
7. Pastikan menu makanan Anda seimbang, termasuk di dalamnya buah-buahan dan sayuran hijau dalam menu harian Anda.

Perawatan rumah untuk kulit berminyak :

1. Masukkan semangkuk air ke dalam kulkas dan percikkan air dingin tersebut ke wajah Anda 3-4 kali sehari. Air dingin tidak hanya dapat membuat wajah Anda terlihat segar, tetapi juga akan mengencangkan pori-pori Anda.
2. Daun Neem sangat baik untuk jerawat. Produk daun neem biasanya berbentuk pasta. Oleskan pada kulit yang terinfeksi. Diamkan paling tidak selama satu jam. Efek dari daun Neem akan mengeringkan jerawaat Anda dengan cepat.
3. Untuk bekas luka yang diinggalkan jerawat, gunakan lotion calamine. Oleskan sedikit lotion pada bekas jerawat sebelum Anda tidur dan secara perlahan bekas jerawat Anda akan menghilang.
 
4. Produk terbaik untuk kulit berminyak adalah mentimun dingin. Parut halus atau blender mentimun hingga berbentuk pasta, jangan terlalu encer. Kemudian dinginkan di dalam kulkas. Gunakan mentimun dingin tadi pada wajah Anda

Sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2008/04/23/197/4/Tips-Hindari-Kulit-Berminyak-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar