Kamis, 23 Desember 2010

Tip 58 Eco-design: Rumah Ramah Lingkungan/Eco Friendly: Rumah Asri di tengah Polusi

foto 3d s annahape.com Model rumah idaman  tidak cukup kalau hanya bagus dipandang mata. Itu pikiran setengah kuno, egois dan cenderung narsistik. Konsep rumah minimalis, rumah modern, rumah tradisional atau apapun dewasa ini mesti ditambahi satu unsur yaitu ramah lingkungan!
Dalam dunia arsitektur konsep desain yang ramah lingkungan disebut sebagai ecodesign. Apa saja yang harus dipenuhi dalam desain rumah ramah lingkungan? Berikut penjelasan dan contohnya.
Rumah ramah lingkungan artinya rumah yang mengintegrasikan seluruh proses dalam kesatuan dengan mempertimbangkan akibatnya bagi lingkungan. Artinya, sejak awal proses desain, pembangunan dan pemanfaatan bangunan berbagai segi dipertimbangkan.
Aspek yang harus dipertimbangkan utamanya adalah:
1. Konsumsi sumber daya yang hemat dan efisien (energi, material, air dan lahan)
2. Emisi baik terhadap udara, air dan tanah terkait dengan lingkungan dan kesehatan
3. Lain-lain (seperti kebisingan dan getaran).

Kalau Anda ingin mengaplikasikan ecodesign bagi rumah idaman Anda, konkretnya bisa menjadi banyak sekali. Misal, rumah yang kaya sinar matahari, agar listrik dapat dihemat. Jendela yang banyak dan aliran udara yang lancar sehingga Anda tidak membutuhkan AC. Lahan yang cukup untuk sumur resapan. Ruang hijau, alias taman yang mensuplai kebutuhan udara bersih. Instalasi pembuangan air kotor dan sampah yang dapat didaur ulang. Pemanfaatan bahan bangunan yang tidak boros. Dan lainnya. Dan sebagainya.
Wuih, ternyata banyak segi yang harus diperhatiakan dalam desain. Tentu tidak semua desain dapat selalu menampung seluruh aspek. Tapi minimal. Sekali lagi minimal: Anda jangan pernah menghabiskan seluruh lahan untuk rumah, atau tertutup semen. Anda perlu memperhitungkan agar setiap ruang mendapatkan sinar matahari dan udara yang cukup. Gunakan dan letakkan titik lampu pada tempat yang optimal.
Dalam contoh di bawah ini konsep ecodesign coba kami terapkan dalam sebuah bangunan berlantai 3. Perhatikanlah bahwa di setiap lantai, kami menyediakan ruang terbuka yang dapat dipakai untuk kebun atau tanaman hias,aliran udara yang melimpah, namun tetap terlindung dari sengatan matahari
XGambar perspektif tampak rumah dan potongan dari Berbagai Sudut yang memperlihatkan penempatan ruang hijau di semua lantai.
eco1web
Gambar Detail Arsitektur yang memperlihatkan taman di depan dan belakang rumah. Taman menjadi kesatuan yang tidak terpisahkan dari seluruh bangunan,
eco2web
Gambar detail pada balkon lantai dua, dengan roof garden, serta secondary skin (klik di sini, untuk penjelasan lebih jauh) yang mensiasati sinar matahari agar tidak langsung masuk ke dalam rumah. Tetapi tetap ada aliran udara yang lancar masuk kedalam rumah.
eco3web
Nah, kalau kebetulan sekarang Anda sedang mendesain rumah idaman, tanyakanlah kepada arsitek Anda, di bagian mana sang arsitek menerapkan ecodesign?
Salam
bannerblogger_61-11.jpg
Mendesain dengan hati
Untuk layanan profesional hubungi Annahape Studio (klik)

Sumber:http://annahape.com/2009/07/04/tip-58-ecodesign/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar