Jumat, 26 November 2010

Memperpanjang Umur Kendaraaan Anda

Memperpanjang Umur Kendaraaan Anda

Sebagai pemilik mobil kita harus senantiasa menjaga memperhatikan kondisi mobil kita. Jangan sampai kelalaian kita dalam merawat kendaraan akan berakibat fatal terhadap kita. perawatan mobil kita meliputi merawat mesin mobil dan merawat bodi mobil.
Untuk urusan merawat mesin mobil kita bisa percayakan pada bengkel mobil langganan, melalui servis mesin secara berkala kita harapkan kondisi mesin mobil kita akan selalu fit. Merawat mesin mobil meliputi pengecekan kondisi bahan bakar dan pengapian. Kondisi yang optimal dari dua komponen tersebut akan menyebabkan mesin bekerja secara maksimal.
Karena dengan bahan bakar yang tepat ditunjang dengan pengapian yang pas pula, pembakaran akan terjadi dengan sempurna, sehingga tidak akan menghasilkan sisa pembakaran yang merugikan lingkungan.
Selanjutnya perawatan bukan hanya pada mesin mobil kita saja, merawat bodi mobil juga tidak kalah pentingnya dengan merawat mesin mobil kita. mobil merupakan bodi yang digerakkan oleh mesin sehingga kondisi bodi mobil harus selalu kita perhatikan. Bersihkan bodi mobil dengan air jika terdapat kotoran atau debu yang menempel.
Kebiasaan yang sering dilakukan oleh para pemilik mobil di Indonesia, biasanya saat mau mencuci ban, bodinya sudah disiram. Memang maksudnya hendak menurunkan debu, padahal airnya sudah menjadi kering. Sehingga menimbulkan waterspoting. Dan yang harus kita perhatikan, Air hujan yang mengenai bodi mobil kita  memiliki kandungan garam yang bisa menyebabkan mobil cepat berkarat. Jangan sampai karat tersebut menyebabkan kerusakan yang lebih parah yang akhirnya memaksa kita ke bengkel mobil.
Jangan meninggalkan kotoran atau garam pada bodi mobil lebih dari 3 hari, karena akan menyebabkan timbulnya karat, jamur serta noda-noda air yang mengering. Merawat bodi mobil dengan pemakaian wax atau pelindung cat secara rutin sekitar sebulan sekali untuk menjaga permukaan cat lebih halus dan terjaga. Wax juga berguna agar aliran air di permukaan lancar serta melindungi dari sengatan sinar matahari.
Yang tidak kalah pentingnya adalah merawat interior mobil kita, dengan interior yang terjaga kebersihannya kita akan merasa nyaman saat mengendarainya. Perawatan interior mobil meliputi pembersihan jok dan karpet mobil. Untuk merawat jok atau karpet mobi kita harus mengetahui terlebih dahulu bahan dan bagaimana cara merawatnya, karena jika kita tidak tahu cara merawatnya bisa – bisa malah akan menyebabkan kerusakan.
Jika semuanya sudah kita lakukan perawatan secara rutin maka umur dari mobil kita pasti akan menjadi lebih lama.
Sumber :
http://duniabengkel.com/memperpanjang-umur-kendaraaan-anda.asp

Tidak ada komentar:

Posting Komentar