Kamis, 11 November 2010

Burung Kapas Tembak atau Cucak Jenggot lokal Naik klas



Dikota Bengkulu dan sekitarnya sekarang sangat tren sama burung kapas tembak,yang dahulunya burung ini hanya burung masteran buat Murai batu.sedangkan sekarang burung kapas tembak menjadi burung kontes yang menggembirakan karena dia punya jiwa fighter jg...Burung kapas tembak ini ternya ta punya kelebihan seperti burung kontes lainnya salah satu kelebihan kapas tembak adalah sebagai berikut :

  1. Burung ini punya suara tembakan yg khas dan panjang
  2. Burung kapas tembak ini ternyata bisa meniru suara burung kicau lainnya,seperti suara murai batu,kacer,cicililin dan lain2
  3. Burung kapas tembak juga bisa jadi master buat burung lain
  4. Burung kapas tembak jika sudah jadi dan diadu dia punya gaya tersendiri seperti ekornya mengipas,sayap turun dan suara tembakan kan yg panjang..pokokek mantap deh...
             
         Burung kapas tembak ini mempunyai harga yg relatif murah, terakhir saya beli bahan ke daerah pedalaman harga untuk kapas tembak baru dapat dari hutan dihargai 50rb klau udah dipelihara penduduk sekitar 75rb itu harga 1 minggu setelah lebaran idul fitru 1431H sedangkan untuk harga sekarang menjadi meroket....untuk kapas tembak Bkalan saj harganya sudah mencapai 150rb,wow dasyat..
          Kalau dikota saya kapas tembak terbagi menjadi dua yaitu kapas tembak dari utara yg mempunyai ciri2 badannya sebagian besar kecil,kaki merah,warnanya agak gelap di dada,warna ekor atas tidak terlalu kuning tembaga,sedangkan kapas tembak dari daerah selatan kota saya kapas tembaknya mempunyai ciri sebagian besar badannya besar2 kayak jenggot jawa,kaki berwarna hitam,warna dada sedikit lebih kuning,dan warna ekor atasnya kuning tembaga.

Mengajari burung kapas tembak makan voer
  1. burung tersebut dikasih pisang tetapip pisangnya ditaburin voer,coba beberapa hari.setelah itu tidak usah lagi dikasih pisang 1 hari penuh dari pagi,masukkan voer aja.kita perhatikan burung disoreh hari jika tidak terlalu lemas dan ternyata burung tersebut ada ngucek2 voer berarti ada kemungkinan makn voer..besok dilanjutkan lg, seperti itu trus kita perhatikan jd keadaanya memburuk maka masukkan pisang...klau tidak dilanjutkan voer aja pas hari ketiga baru dikasih pisang..
  2. satu hari fuel g usah dimasukkan voer sama sekali,kita kasih pisang aja paling lama 2hari.setelah itu baru pisang dilepaskan dan masukkan voer..mudah2an dia kepaksa makan voer klau lapar....

Selamat mencoba,semoga kalian sukses dengan kapas tembaknya....

5 komentar:

  1. bang, gmn biar Kpas Tembak ny bisa buka ekor????ap aj sih persyrtannya mksudny ap ad prwatan khusus,,,mksih bang

    BalasHapus
  2. persyaratn mendasar cari burung yg punya mental bagus...usahakan kapas tembak mau makan jangkrik,pepaya,sering latihan/gandeng dg yg udah buka ekor...

    BalasHapus
  3. salam kenal mas...
    Saya sembiring di medan..saya mau tanya mas...apakah kapas tembak betina bisa juga buka ekor mas...????
    saya punya kapas tembak,kalo di trek dgn KT lain, sudah buka ekor..tp sayap nya juga agak ngleper..apakah KT Saya betina mas????
    Saya rencana mau beli KT lg, Apakah tdk masalah dengan mental masing masing KT,kalo saya pelihara KT lbh dari satu dirumah mas...????
    Mohon di jawab ya mas..trima kasih banyak ya mas atas info info nya..sukses selalu mas...

    BalasHapus
  4. salam kenal jg...bisa,yang terpenting perawatan dan umur jg menentukan stabil atau blm diwaktu buka ekornya...klau mau yg udah mapan cari deker kakinya udah tebel/buluh dadanya udah nampak putih,yang penting udah gacor banget klau diadu,suaranya rapet dan isianya udah ada minimal cilili atau sirisiri.klau pas diadu udah ngejer2 suaranya..ambilnya,tinggal perawaran dikit pasti buka ekor.g apa2 lebih dr satu tetapi jangn ketemu muka setiap hari...KT ini burung paling gampang,enak jg bisa buat isian burung lain tp dia jg bisa ngisi....asik

    BalasHapus
  5. salam kenal mas saya ade dari lubuk linggau,,kenapa ya kapas tembak saya nggak jinak2 padahal perawatannya udah benar mas..
    trima kasih sebelumnya mas..

    BalasHapus